Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

RAKSASA DARI UTARA

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

RAKSASA DARI UTARA

Selasa, 28 Juli 2020
RAKSASA DARI UTARA

RAKSASA DARI UTARA

Rp 85.000
oleh Dr. Najib Kailani
Beli Buku

Profil Penulis

Najib Kailani memiliki nama lengkap Najib bin Kailani bin Ibrahim bin Abd al-Lathif al-Kailani, lahir di Syarsyabah, Mesir pada 10 Juni 1931. Pendidikannya dimulai di Kuttab, dimana ia belajar membaca, menulis dan menghafal al-qur’an. Ia melanjutkan tingkat Ibtidaiyyah di Sinbath dan Tsanawiyah di Thontho. Setelah selesai tingkat SLTA, ia melanjutkan studinya ke Universitas Fuad 1 fakultas kedokteran. Kiprah Najib Kailani dalam dunia sastra sebagai novelis, cerpenis dan penyair, bermula dari kegemarannya membaca, terutama majalah-majalah sastra yang terbit masa itu. Najib Kailani dikenal sebagai penggagas sastra Islami. Karyanya banyak menyinggung tentang problematika yang dihadapi umat Islam di dunia. Selain sastra, ia juga banyak menulis karya ilmiah dalam bidang kedokteran, keagamaan dan politik. Beberapa karya besarnya antara lain: Haula as-Diin wa ad-Daulah, Ath-Thoriq ilaa Ittihad Islami, Al-Yaum al-Mau’ud, Dumu’u al-Amir, Fi Rihlah ath-Thibb dan Mustaqbal al-‘Alam fii Shihhah ath-Thifl, serta masih banyak lagi.

Deskripsi

Media penyampaian sejarah banyak dituangkan melalui karya sastra, salah satunya adalah novel. ‘Amaliqotu as-Syimal adalah novel sejarah karya Dr. Najib Kailani yang mengisahkan tragedi perang sipil berdarah antara suku Fulani-Hausa, yang didominasi umat muslim dengan suku Igbo yang sebagian besar penduduknya beragama Kristen. Novel ini diangkat dari kisah nyata perang yang meletus sebagai akibat dari krisis politik, ketidakstabilan ekonomi dan penjajahan Inggris di Nigeria.

Konflik politik yang memicu perang bermula saat mayor Chukwuma Nzeogwu dan sejumlah perwira Angkatan Darat dari etnis Igbo membunuh pemimpin nasional non-Igbo seperti Ahmadu Bello dan istrinya, serta Abu Bakar Tafawa.

Puncak konflik terjadi saat Odemegwu Ojukwu Chukwuma yang kala itu menjabat sebagai gubernur wilayah Nigeria Timur, mendeklarasikan berdirinya Republik Biafra dengan mengklaim Enugu sebagai ibukotanya. Pimpinan militer pemerintah Nigeria, jendral Yakubu Gowon dengan tegas menolak mengakui kemerdekaan Republik tersebut.

Pasukan Biafra awalnya berhasil menegakkan kedaulatan wilayah mereka, namun hal ini tidak bertahan lama. Pasukan federal terus berdatangan membanjiri wilayah Biafra memblokade dari berbagai arah. Akhirnya, pasukan Utsman Aminu (tokoh utama dalam novel) dan pemerintah federal Nigeria mampu meruntuhkan Biafra. Nigeria menjadi negara merdeka dan perang pun selesai.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang