Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ORIENTASI IPA

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ORIENTASI IPA

Selasa, 25 Agustus 2020
FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ORIENTASI IPA

FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ORIENTASI IPA

Rp 80.000
oleh Dr. H. Rosyid Althaf, M.Si., MP.
Beli Buku

Profil Penulis

TENTANG PENULIS ROSYID ALTHAF, lahir di Gresik. Pernah aktif di Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Jember (1995 - 1999) dan aktif dibeberapa lembaga sosial dan kepemudaan. Pernah menjabat sebagai ketua IPNU IPPNU Baron tahun 1992, Sekretaris Umum IKAPMII Jember (s.d Sekarang), Wakil ketua ISNU Jember (s.d sekarang). Aktif menulis artikel diberbagai media Koran, jurnal, prosiding dan menjadi pembicara diberbagai kegiatan forum ilmiah, tercatatat sudah pubulikasi sebanyak 12 (dua belas) artikel pada jurnal nasional dan internasional. Dan Selama sebagai guru dan Kepala Sekolah pernah mendapat 15 (lima belas) penghargaan dari dalam dan luar negeri, diantaranya : Penghargaan dari International School Award di Dubai, Kategori Best Teaching Award (2019), Penghargaan Internasional “Best Management School” from Internasional Award di Dubai (2018), Best Indonesia Award 2018 kategori “The Most Fovourite School In Quality Education Program of The Year 2018, Peringkat 1 Implementasi Kurikulum 2013 Kemdikbud RI (2014), Guru terfavorit Kabupaten Jember (Versi: IGTKI, Diknas, Pemkab,PGRI, Indosat, Radar Jember) tahun 2005, Juara 1 Berprestasi Kabupaten Jember (2009), Guru Pelopor Pengembangan IPTEK LIPI-Depdiknas RI (2002-2004), Juara 2 Guru Berprestasi SMA/SMK Kabupaten Jember (2012), Pemenang Karya Terbaik LKTI Tingkat Nasional di Jakarta (2015), dan lain sebagainya.

Deskripsi

Penguasaan konten fisika secara benar dalam meningkatkan pemahaman konsep dapat dilakukan melalui penguasaan fisika secara multirepresentasi, yaitu penguasaan fisika secara representasi verbal, matematis, gambar, dan grafik.

Pengajaran dengan melibatkan multirepresentasi memberikan konteks yang kaya bagi siswa untuk memahami suatu konsep. Pembelajaran dengan multirepresentasi memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai pelengkap, pembatas interpretasi, dan pembangun pemahaman.

Buku ini menyajikan cara mengajarkan Fisika menggunakan model pembelajaran Orientasi IPA (PBL berbasis multirepresentasi), dilengkapi dengan beragam elemen dan rubrikasi. Antara lain kegiatan berisi yang harus dilakukan siswa secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir. Peta konsep, yang memuat konsep-konsep inti yang akan diberikan pada tiap bagian/bab. KI/KD/Indikator, yakni uraian target yang ingin dicapai dalam pembelajaran pada tiap bagian. Diskusi konsep, berisi masalah yang harus diselesaikan secara berkelompok. Investigasi, yakni praktikum yang dilakukan siswa untuk membuktikan kebenaran materi yang dipelajari. Fisika Asyik, berisi percobaan secara virtual menggunakan PheT Simulator. Uji Kompetensi, untuk menguji pemahaman konsep yang telah dipelajari. Kemampuan prasayarat, berisi kemampuan yang harus dimiliki siswa sebelum belajar konsep. Fenomena, berisi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang