Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

MONOTEISME DAN HUMANISME DALAM FILSAFAT ISLAM, KATOLIK, DAN KRISTEN

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

MONOTEISME DAN HUMANISME DALAM FILSAFAT ISLAM, KATOLIK, DAN KRISTEN

Jumat, 02 Oktober 2020
MONOTEISME DAN HUMANISME DALAM FILSAFAT ISLAM, KATOLIK, DAN KRISTEN

MONOTEISME DAN HUMANISME DALAM FILSAFAT ISLAM, KATOLIK, DAN KRISTEN

Rp 60.000
oleh Aufa Fitria
Beli Buku

Profil Penulis

Aufa Fitria, Lc, lahir di Jakarta, 29 Juni 1984. Anak ketiga dari seorang ayah Prof. Dr. H. Suwito, MA dengan Ibunda Dra. Hj. Nilfa Yetty Tanjung. Memiliki 3 saudara, yakni Himmawaty Aliyah, S.Kom (Kakak), Amalia Nikmah, S.H, S.H.I, MA (Kakak), Aqbas Udhiya (Adik). Telah menikah dengan Dr. Kristiyanto, M.Sc dan telah dikaruniai dua orang putri yaitu Nawal Albina dan Walida Ainaya. Adapun riwayat pendidikan dimulai dari SDN Kp. utan Jakarta. Menempuh pendidikan di MTS Pondok Pesantren Pabelan Mungkid Magelang dan Melanjutkan ke MAN Pondok Pinang Jakarta. Saya kemudian melanjutkan kuliah ke Universitas Al-Azhar Kairo, Jurusan Aqidah Filsafat dan sebelumnya pernah kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Tarjamah, selama kurang lebih 2 Tahun. Saya kemudian melanjutkan S2 (Strata dua) di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Konsentrasi Pemikiran Islam.

Deskripsi

Buku ini merupakan hasil dari penulisan tesis. Penulisan buku ini berangkat dari sebuah pertanyaan: pemahaman dari aspek manakah untuk mencapai tingkat toleransi yang tinggi antar sesama umat beragama jika ditinjau dari konsep monoteisme dan humanisme? Untuk membuktikan hal tersebut, buku ini mengulasnya dengan mengambil beberapa tema yaitu tentang aspek Keesaan Tuhan yang ditinjau dari ranah teologis dan aksiologis.

Hal ini terbukti dengan hasil penelitian bahwa keyakinan tentang keesaan Tuhan yang meliputi kepercayaan mereka tentang Yesus, Bunda Maria, cara beribadah, pemahaman Alkitab, pemahaman trinitas, pengampunan dosa dan sifat Tuhan tidak dapat dipertemukan dan tidak bisa disama-samakan antara keyakinan agama Katolik dan Kristen, apalagi dengan agama Islam.

Hal-hal yang dapat dipertemukan dan dipersamakan dalam berbagai agama adalah dalam bidang kemanusiaan yang berkaitan dengan bantuan terhadap orang lain atas dasar kemanusiaan, menghargai orang lain dalam beribadah, mempertahankan negara, menghindari konflik atas dasar kemanusiaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Hasil penelitian ini menyarankan agar persoalan teologis tidak menjadi bahan perdebatan. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan, dapat dijadikan panduan untuk terciptanya umat beragama yang rukun dan damai. Penelitian ini tidak sampai menemukan bukti-bukti yang terjadi akibat dampak perdebatan teologis. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang