Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

SERI LITERASI MEDIA : AWAN GELAP TERORISME SIBER

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

SERI LITERASI MEDIA : AWAN GELAP TERORISME SIBER

Jumat, 23 Oktober 2020
SERI LITERASI MEDIA : AWAN GELAP TERORISME SIBER

SERI LITERASI MEDIA : AWAN GELAP TERORISME SIBER

Rp 90.000
oleh Sri Herwindya Baskara Wijaya
Beli Buku

Profil Penulis

Sri Herwindya Baskara Wijaya – Pengajar di Prodi D3 Komunikasi Terapan Sekolah Vokasi dan Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah. Lahir di Madiun, Jawa Timur. Memiliki minat pada kajian sejarah, agama, jurnalisme dan media baru. Pernah berkarir sebagai wartawan di Harian SOLOPOS-BISNIS INDONESIA Group (2003-2008). Buku yang pernah diterbitkan diantaranya: Profil Guru Besar UNS (UNS Press-Solo, 2000, tim), Model Literasi Nasionalisme di Wilayah Perbatasan Indonesia (Pengalaman di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara) (Archen-Solo, 2019, tim), Seri Literasi Media : Dari Hoax hingga Hacking (Buku Litera-Yogyakarta, 2019), Krisis Komunikasi dalam Pandemi (Buku Litera-Yogyakarta, 2020, tim), Dinamika Komunikasi dalam Pandemi Covid-19 (KBM Indonesia-Yogyakarta, 2020, tim), Covid 19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif (Mbridge Press UMBY-Yogyakarta, 2020, tim), Pemasaran Sosial Tertib Berlalu Lintas (Sebuah Pengalaman di Satlantas Polres Klaten) (Smart Media Prima/SMP-Solo, 2020, tim). Sejumlah buku yang direncanakan terbit terkait Bunga Rampai Opini Pribadi Di Pers/Nonpers, Pondok Pesantren, Pancasila Dan Globalisasi, Pers Dan Media Baru, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dalam ruang Siber. Email : r_windya@yahoo.com, herwindya82@gmail.com

Deskripsi

Terorisme, seperti yang ditulis Jason Franks dalam Rethinking the Root Of Terrorism (2006) telah menjadi salah satu persoalan dan tantangan global terbesar di abad ke-21. Meski sejarahnya telah berurat akar lama sejak periode klasik, namun terorisme mendapatkan momentum, histeria, dan euforia globalnya sejak penyerangan atas World Trade Center (WTC) dan Pentagon pada 11/9/2001 di Amerika Serikat (AS). Karena kejahatan dan dampaknya yang luar biasa, maka terorisme dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary measure).

Saat internet dan media sosial hadir menghiasi dunia modern dewasa ini, para teroris juga mengerlingnya. Kelebihan pada hal kecepatan, kemasifan penetrasi, kemudahan penggunaan hingga keterjangkauan nilai finansial menjadikan internet dan media sosial menjadi lahan favorit baru bagi para teroris untuk bergumul di dalamnya. Dengan kompetensi expert dalam bidang information and technology (IT), para teroris bisa mendesain konten sedemikian rupa ruang-ruang virtual menjadi sangat persuasif hingga mampu mempesona banyak pihak terutama generasi milenial.

Bukan hanya menjadi follower di dunia maya, namun internet dan media sosial bahkan mampu mengubahnya menjadi barikade hara kiri yang siap mati dalam memperjuangkan ideologi diri/kelompoknya di dunia nyata. Internet dan media sosial pula mampu menjadikan para teroris menjadi sosok-sosok ‘Serigala Tunggal’ (lone wolf) yang siap mencabik-cabik targetnya dengan taring terornya secara mandiri dan independen. Cukup dengan intensitas penetrasi ototidak ditambah dengan injeksi ideologi yang ‘menggigit’ menjadikan seorang netizen yang awalnya polos menjadi sosok yang beringas bertabur maut.

Bagi para teroris, teknologi modern canggih bernama internet dan media sosial ini telah dijadikan semacam showroom untuk men-display-kan beragam informasi ‘menjadi teroris yang profesional’, mulai dari doktrin ideologi, propaganda, rekrutmen, sabotase, pendanaan, produksi bom hingga serangan dan perang hibrida (hybrid war and attact). Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) adalah contoh sukses kelompok teroris global dalam memanfaatkan internet dan media sosial untuk menghipnotis sekaligus meneror dunia. Buku ini mencoba memotret soal praksis terorisme, terutama terorisme siber sebagai sosok ‘Grim Reaper’ yang mencemaskan dunia dengan sabit panjang terorisme-nya. Selamat membaca.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang