Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

BAHASA INGGRIS UNTUK DOKTER INDONESIA

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

BAHASA INGGRIS UNTUK DOKTER INDONESIA

Selasa, 02 Februari 2021
BAHASA INGGRIS UNTUK DOKTER INDONESIA

BAHASA INGGRIS UNTUK DOKTER INDONESIA

Rp 70.000
oleh Prof. dr. Putu Sutisna, DTM&H., Sp.ParK.
Beli Buku

Profil Penulis

Dokter Putu Sutisna lahir di Singaraja pada 19 Juli 1943. Ia memperoleh pendidikan dasar dan menengahnya berturut-turut di TK, SR, SMP Negeri dan SMA Negeri di Singaraja. Pendidikan tinggi dijalaninya di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar pada tahun 1963 sampai 1972, saat ia lulus sebagai dokter. Sejak tahun 1970 – semasa masih kuliah-- ia diangkat menjadi pegawai negeri, diawali sebagai asisten dosen di FK Universitas Udayana (Unud), berlanjut sebagai staf dosen sejak 1972 sampai pensiun di tahun 2008. Sebelumnya di tahun 2002 ia dikukuhkan sebagai guru besar di bidang Parasitologi. Dan pernah berpengalaman belajar/pelatihan ke luar negeri seperti di Bangkok (tahun 1975), Australia (1987), Kanada (1991), dan Inggris (1995). Di bidang akademik ia telah mempublkasi sebanyak 42 artikel di bidang kedokteran/parasitologi pada jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Dalam waktu yang lama ia pernah berperan aktif sebagai anggota redaksi pada beberapa jurnal kedokteran lokal dan nasional.

Deskripsi

Penulisan buku ini diilhami oleh pengalaman penulis selama 10 tahun bertugas sebagai dokter di Medical Clinic pada dua hotel bintang lima di kawasan pariwisata yang populer di Bali. Pada awal bertugas di klinik tersebut, penulis mendapat kesulitan dalam melakukan wawancara (anamnesis) dengan tamu-tamu hotel yang berasal dari negara-negara asing yang datang berobat dan menggunakan Bahasa Inggris dengan penulis. Walaupun sebenarnya penulis telah baik menguasai Bahasa Inggris umum, wawancaa dengan pasien menjadi kurang efektif apabila penulis menggunakan istilah-istilah medis yang ternyata tidak dimengerti oleh pasien asing.

Dalam situasi demikian penulis merasakan perlunya belajar Bahasa Inggris yang lazim dipakai oleh pasien asing dalam menyampaikan keluhannya dan saat penulis bertanya mengenai keluhan pasien serta saat melakukan pemeriksaan fisik, dengan tujuan agar konsultasi medis berlangsung secara efektif.

Dalam buku ini dijelaskan prinsip-prinsip dasar pemakaian bahasa Inggris dalam anamnesis, pemeriksaan fisik dan dalam memberi informasi kepada pasien asing. Hal-hal lain yang disajikan dalam buku ini antara lain; petunjuk pemakaian bahasa Inggris terkait dengan situasi atau tugas lain sebagai seorang dokter. Seperti misalnya pada waktu belajar di luar negeri, menulis surat formal dan tidak formal, saat berbicara dalam pertemuan ilmiah kedokteran di luar negeri yang memakai bahasa Inggris, tata kerama menelepon, menulis curriculum vitae, konsep dasar pemakaian bahasa Inggris dalam artikel ilmiah, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam setiap bab buku ini diberikan contoh-contoh yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga implementasi buku ini akan sangat mudah untuk dipakai dalam situasi dan keperluan yang melekat dengan tugas dan fungsi seorang dokter.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang