Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699
Senin, 22 Maret 2021
APLIKASI GIS MENGGUNAKAN QGIS

APLIKASI GIS MENGGUNAKAN QGIS

Rp 70.000
oleh Andi Makkawaru, Sufrianto
Beli Buku

Profil Penulis

Dr. Andi Makkawaru, ST., M.Si Pegawai Negeri Pada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dari tahun 2001, juga menjadi dosen tetap NIDK di Fakultas Teknik Jurusan Teknil Sipil Universitas Sulawesi Tenggara dan dosen tamu dibidang penginderaan jauh di Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Haluoleo Kendari. Penulis pernah menjabat kepala bidang mineral dan batubara, kepala bidang geologi dan air tanah hingga menjadi Plt Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Sulawesi Tenggara. Saat ini penulis memiliki jabatan struktural sebagai kepala bidang sumberdaya alam biro administrasi perekonomi provinsi sulawesi tenggara.

Sufrianto, SE., M.Si pernah bekerja sebagai Konsultan semenjak tahun 1998 sampai 2015, saat ini menjadi Dosen Tetap pada Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Sulawesi Tenggara Bidang SIG dan Desain 3D Enginering.

Deskripsi

Buku Aplikasi GIS menggunakan Qgis adalah buku untuk memperkenalkan software Quantum GIS (Qgis) sebagai software open source yang dimanfaatkan untuk mengolah data spasial dan tabular untuk analisis dalam membentuk sistem informasi geografi yang terbuka, murah namun sangat bermanfaat. Industri 4.0 adalah sebuah revolusi industri teknologi dengan memanfaatkan big data dan mechine learning dalam menganalisis data yang dimiliki.

Software untuk aplikasi GIS sangatlah banyak namun sayangnya pada umumnya memiliki harga paten yang cukup mahal. Open sources Qgis menjadikan analisis GIS menjadi lebih mudah dan dapat diaplikasi diberbagai bidang terutama menyangkut kebumian. Dengan adanya big data Google earth menjadikan Qgis lebih kaya dalam menganalisis data satelit yang sangat akurat.

Dalam buku ini selain memperkenalkan feature-feature yang dimiliki Qgis, juga memperkenalkan dengan data satelit resolusi tinggi yang dimiliki google earth serta pemanfaatan smart phone sebagai penginput data selain alat Global Positioning System (GPS) untuk mendapatkan data validasi dilapangan.

Buku ini memberikan gambaran dan keterkaitan antara data lapangan (real time data), data imagery (satelit data) dengan Qgis sebagai software mengolah data dan menyajikan data dalam bentuk layout peta maupun data tabulasi.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang