Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

KIAI DAN GERAKAN SOSIAL: KIAI HASAN MAOLANI LENGKONG

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

KIAI DAN GERAKAN SOSIAL: KIAI HASAN MAOLANI LENGKONG

Jumat, 05 Maret 2021
KIAI DAN GERAKAN SOSIAL: KIAI HASAN MAOLANI LENGKONG

KIAI DAN GERAKAN SOSIAL: KIAI HASAN MAOLANI LENGKONG

Rp 85.000
oleh Agus Kusman
Beli Buku

Profil Penulis

Agus Kusman, Lahir di Kuningan 17 Agustus 1994 dari pasangan Sudarja dan Sari (Alm). Penulis merupakan Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally. Saat ini, setelah lulus dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Beasiswa Bidik Misi, ia melanjutkan jenjang Magister ke Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan mendapatkan Program Beasiswa Pembibitan Fresh Graduate Kementerian Agama tahun 2017 dengan Konsentrasi Sejarah Peradaban Islam. Penulis bisa dihubungi melalui no handphone 082113779061 dan alamat email agus.tonjong2016@gmail.com.

Deskripsi

Buku yang berjudul KIAI DAN GERAKAN SOSIAL: KIAI HASAN MAOLANI LENGKONG bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis mengapa Kiai Hasan Maolani dimusuhi oleh pemerintah kolonial Belanda dan sejauhmana interaksi antara Kiai Hasan Maolani dengan pemerintah kolonial Belanda serta apa gerakan sosial yang dilakukan oleh Kiai Hasan Maolani di Kuningan.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari pengumpulan data (heuristik), kritik sumber (verifikasi), analisis (interpretasi) dan penulisan sejarah (historiografi). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan gerakan sosial sesuai yang digagas oleh Neil J Smelser (1962).

Perbandingan tulisan ini dengan tulisan-tulisan lainnya dengan sejarah tokoh-tokoh Islam di Kuningan dan Jawa Barat adalah selama ini tulisan mengenai tokoh lebih banyak memfokuskan pada sisi dakwahnya serta peran dalam melawan pemerintah kolonial Belanda. Sedangkan tulisan ini akan lebih fokus mendeskripsikan gerakan sosial Kiai Hasan Maolani. Kontribusi tulisan ini adalah mengisi kekosongan di bidang kajian gerakan sosial yang jarang dikaji oleh para peneliti sehingga memberi perspektif baru dan karya baru mengenai sejarah tokoh di Kuningan dan Jawa Barat.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang