Map5NGx8LGN6MWR4MWZ8NWB4LDcsynIkynwpACBc

GEREJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

7981759374294050699
BLANTERLANDINGv101
7981759374294050699

GEREJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Rabu, 07 April 2021
GEREJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

GEREJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Rp 60.000
oleh David Eko Setiawan
Beli Buku

Profil Penulis

David Eko Setiawan Dosen tetap di Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu yang mengampu beberapa mata kuliah antara lain Misiologi dan Perintisan Jemaat, Misi dan Teologi Kontekstual, Pastoral dan Pembinaan Warga Gereja. Saat ini beliau bertugas sebagai Wakil Ketua II Bidang Keuangan, Administrasi Umum dan Kepegawaian di Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, Jawa Tengah. Selain menjadi dosen, Beliau juga merupakan kontributor pada sejumlah Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen seperti: BIA’, Evangelikal, Fidei, Pengarah. Dan buku yang pernah di tulis berjudul “Misi Perintisan Jemaat Alkitabiah-Kontekstual” yang diterbitkan pada tahun 2017.

Deskripsi

Buku ini merupakan hasil riset terhadap pergulatan gereja, khususnya di Indonesia, di tengah pandemi Covid-19. Melalui buku ini penulis menunjukkan bahwa gereja sebagai komunitas orang percaya tidak luput dari masalah-masalah yang ditimbulkan oleh pandemi tersebut. Masalah-masalah yang timbut antara lain; Munculnya polemik teologis di antara jemaat tentang pandemi Covid-19, persoalan ibadah online atau onsite, perdebatan seputar menghardik pandemi, penularan di rumah ibadah, rasa kepemilikan atas gereja lokal, krisis finansial di dalam gereja, dan polemik seputar vaksinasi.

Namun demikian, di samping berbagai masalah yang muncul sebagai tentangan bagi gereja, rupanya pandemi ini juga memunculkan berbagai peluang antara lain; Kembalinya Gereja Rumah, kesempatan untuk merekonstruksi Digital Church, kebangkitan Prayer Community, Hospitalitas pada masa suram, serta ujian loyalitas gereja kepada Allah dan pemerintah.

Melalui observasi serta refleksi pelayanan gerejawi pada masa pra pandemi dan saat pandemi, gereja di Indonesia “bermimpi” tentang berbagai bentuk pelayanannya pasca pandemi. Mimpi tersebut merupakan wujud ketegaran gereja dalam menghadapi berbagai tantangan di segala zaman, khususnya pergulatannya di tengah pandemi Covid-19.

Kategori
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang